Sunday, February 25, 2007

I'M 27 TODAY!!!

Assalamualaikum...
HAPPY BIRTHDAY TO ME!!! :)
as a servant to Allah, a daughter, a wife, a becoming mother and a doctor.....
and Happy birthday to my Abangalong...
Since we shared the same birthday... ;)
He also wishing that my baby will have the same birthdate as his twins... hehe...
Tengoklah dulu... ;)
Today, my husband oncall and I have to work this evening, but tomorrow we will have time together since both of us having holiday!!! :) InsyaAllah...
To all who had wished me, Thank You! :)

Saturday, February 24, 2007

CUBAAN DAN HIKMAHNYA DALAM ISLAM

Oleh : Abi AbduLLAAH, Nabiel Fuad Almusawa

Rasulullah SAW adalah orang yang paling tinggi derajatnya disisiAllah, tapi ia juga orang yang paling banyak dan paling berat cobaannya. Para nabi as yang lain juga adalah manusia-manusia paling mulia dan paling dikasihi Allah SWT tapi mereka juga adalah yang paling banyak dan berat dicoba oleh Allah SWT. Kafilah ini lalu diikuti dengan kafilah para ulama salaf yang shalih, mereka adalah yang paling banyak dan berat pula cobaannya jika dibanding manusia lainnya. Imam Syafi'I mengalami pengusiran dari Kufah ke Mesir, Imam Ahmad dipenjara dan disiksa bertahun-tahun danImam Malik disiksa sampai mematahkan kedua tulang bahunya.

Maka ujian bagi seorang mukmin akan selalu meningkatkan keinggian dankemuliaannya disisi Allah, dan menguji kebenaran keimanannya (QS29/1-2). Hikmah yang lain dari cobaan adalah bahwa dengannya seorang mukmin menjadi semakin matang dan kuat, serta bertawakkal dan semakin berserah diri kepada Allah SWT (QS 33/10-13, 22). Dan tidaklah cobaan yang datang kepada seorang mukmin, kecuali hal itu baik baginya sepanjang ia bersabar dan bersyukur, sebagaimana sabda Nabi SAW :Menakjubkan urusan seorang mukmin, jika ia mendapatkan nikmat maka iabersyukur dan syukur itu sangat baik baginya. Dan jika ia ditimpamusibah maka ia bersabar dan sabar itu sangat baik baginya. (HR Muslim& Tirmidzi)

Lihatlah isteri Rasulullah SAW, Aisyah ra yang mendapatkan ujian yang sangat berat dalam sejarah Islam dengan fitnah yang keji, tetapi AllahSWT menyatakan bahwa hal tersebut sangat baik baginya (QS 24/11). ImamGhazali dalam Ihya-nya menceritakan tentang kisah dirinya sendiri, sangkaannya bahwa ia sudah mencapai kesempurnaan dalam bersabar, makaia berdoa pada Allah untuk diberikan ujian sekehendak-Nya, makaAllah-pun mengujinya dengan ujian yang remeh, yaitu tidak dapat buangair kecil, maka iapun tidak mampu menanggung ujian tersebut, makaiapun bertaubat dan Allah SWT menyembuhkannya, maka iapun keluar ke jalan-jalan sambil berkata pada setiap anak kecil yang dijumpainya :Pukullah pakcikmu yang bodoh ini nak!

Ujian adalah sebuah kemestian dalam kehidupan, jangankan sebagai seorang mukmin, orang kafir pun mendapatkan musibah dan kesulitan juga(QS 90/4), tetapi hendaklah kita tidak meminta untuk diberi ujian olehAllah SWT, karena kalau DIA menguji kita, maka ujian tersebut pasti sesuai dengan kemampuan kita, karena DIA Maha Mengetahui lagi MahaBijaksana, tetapi kalau kita yg meminta untuk diuji, maka ujian yang datang boleh jadi diluar kemampuan kita, karena DIA Maha Kuasa lagiMaha Perkasa.

MAKNA CUBAAN

Cubaan (fitnah) berasal dari kata bahasa Arab fa-ta-na yang berarti imtihaan, ikhtiyaar, ibtilaa, yang artinya ujian. Kalimat fatanuadz-dzahaab berarti membakar emas untuk memurnikannya, artinya emas perlu dibakar (diuji) dulu sampai ketahuan kualitasnya. Demikian juga pembakaran batu bata dan pencucian pakaian dilakukan untukmenguatkannya dan membersihkannya. Demikian pula ujian bagi manusiadiberikan untuk menguatkan jiwanya dan membersihkan dosanya. Ali ra berkata : Iman itu bukanlah cita-cita dan bukan pula khayalan manusia, melainkan ia adalah sesuatu yang menghunjam dalam hati dandibenarkan oleh amal perbuatannya.

HIKMAH COBAAN

1. Sbg Fithrah Penciptaan Manusia. Kita ini sekedar menjadi manusia saja sudah dijanjikan akan dipenuhi dg kesulitan dan cobaan (QS 90/4).

2. Sbg Tamhish (proses penyaringan) , antara yg baik dg yg jahat,antara yg benar dg yg salah, antara yg mukmin dg yg munafik (QS 3/141)

3. Sbg Ujian Keimanan (QS 29/1-3). Jk kita menjadi seorang mukmin maka ujiannya akan lebih berat (QS 29/1-3).

4. Sbg Syarat untuk masuk Jannah (QS 2/214). Balasan yg dijanjikanALLAH SWT (Jannah) sangat mahal harganya, maka wajarlah jika untukmendapatkannya tidak mudah.

5. Sbg peningkatan derajat dikalangan para Mujahid dan Muttaqin, jika ingin termasuk kepada barisan para mujahid maka ujiannya akan jauhlebih berat (QS 47/31).

JENIS-JENIS COBAAN

1. COBAAN KELUARGA DAN ANAK (QS 64/14-15)

Contoh terbaik untuk hal ini adalah Nabi Ibrahim dan keluarganya,sudah lama tidak punya anak (QS 15/54), saat usia tua diberi anak diperintahkan oleh Allah SWT untuk ditinggalkan di padang pasir tandus(QS 14/37), saat sudah remaja setelah sekian lama tak bertemu diperintahkan untuk menyembelihnya (QS 37/102) . Tetapi semua itu tidak sedikitpun menggetarkan cintanya kepada Penciptanya.

Contoh lainnya adalah Nabi Muhammad SAW, yang disebutkan dalam al-hadits berkali-kali ditinggal mati oleh keluarganya (dari sejak kecil sudah tidak punya ayah, lalu ditinggal mati ibunya, kakeknya,pamannya, istrinya, anak-anaknya) tetapi beliau SAW tetap bersabar.

Para tabiin seperti Farukh yang meninggalkan istrinya dalam keadaan hamil untuk mempertahankan Islam, maka anaknya kemudian menjadi tokoh tabiin di Madinah yaitu Rabiah ar-Rayu. Ulama salaf lainnya seperti Imam Syafii ditinggal oleh ayahnya berjihad, tetapi ibunya tetap bersabar dan berikhtiar sehingga anaknya menjadi ulama nombor satu pada zamannya.

Contoh untuk cobaan yang keburukan keluarga adalah yang dialami oleh Nabi Luth dan Nabi Nuh as. Seorang hamba yang beriman, tetapi isteri mereka malah paling memusuhi dakwahnya sehingga istri mereka berdua diabadikan oleh Allah SWT dalam al-Quran sebagai tokoh-tokoh ahli neraka (QS 66/10). Pada kondisi cobaan dari suami yg jahat adalah seperti yg dialami oleh Asiah binti Muzahim, istri Firaun, yg bersabar atas siksaan suaminya sehingga menjadi salah seorang diantara wanita paling terkemuka di syurga (QS 66/11)

2. COBAAN HARTA (QS 57/20)

Nabi Sulaiman as. Dibukakan berlimpahnya harta sebagai raja yang paling berkuasa, diberikan kemampuan menundukkan binatang-binatang, bahkan Jin, Syaithan, angin sebagai kendaraannya, mampu mengertibahasa-bahasa binatang, tetapi ia malah berdoa : Wahai Rabb-ku,tunjukkanlah padaku bagaimana caranya aku mensyukuri nimat-Mu, dan bagaimana caranya aku beribadah yang paling Engkau ridhai (QS 27/19).

Nabi Muhammad SAW : Mendapat 1/5 harta ghanimah, pernah mendapat bagian ghanimah kambing sebanyak dua bukit, tapi saat wafat hanya memiliki kuda, pedang dan baju besi yang tergadai pada seorang Yahudi. Selesai shalat buru-buru ke kamarnya karena ingat pada sekeping emas yang belum dishadaqahkan; Pada wanita yang memberikan kue saat ia memegang perhiasan Bahrain, langsung diberi semua perhiasan yang dipegangnya; Domba 2 bukit setelah perang Hunain yang diminta oleh seorang Badui diberikan seluruhnya; Tidak pernah bilang 'Tidak' pada orang yang meminta (HR Muttafaq alaih dari Jabir ra).

Beliau SAW pernah menyatakan : Demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku takutkan atas kalian, tetapi aku takut jika Allah nanti membukakan pintu dunia sebagaimana telah dibuka-Nya untuk ummat sebelum kalian, lalu kalian berlomba-lomba menikmatinya, sebagaimana ummat sebelum kalian juga telah berlomba menikmatinya, lalu dunia itu membinasakan kalian, sebagaimana telah membinasakan mereka. Hadits ini dialami oleh sahabat ra (saat penaklukan Persia), yaitu berlimpahnya ghanimah kaum muslimin, sampai ada seorang prajurit bawahan yang membawa sebuah mahkota Raja Kisra Persia dan memberikannya pada komandannya sehingga membuat kagum sang komandan pada kejujurannya.

Hikmah ditenggelamkannya Qarun dizaman Musa as (QS 28/76), karena gagal diuji dengan hartanya.

3. COBAAN ILMU (QS 2/44; 7/175-176)

Hikmah dari Bal'am bin Mulkan (QS 7/175-176), seorang ulama BaniIsrail yang sangat alim (pandai) dan ahli ibadah, tetapi kemudian tergoda oleh syahwat (wanita) dan dunia (harta) sehingga termasuk kedalam orang yang celaka di dunia dan di akhirat. Hikmah dari Samiri (QS 20/95-96), seorang ulama Bani Israil yang sangat pandai, tetapi kepandaiannya kemudian disalahgunakan sepeninggal sang pemimpin untuk membuat sapi betina yang menyesatkan kaumnya.

4. COBAAN DALAM PENYAKIT DAN KEMISKINAN

Hikmah Nabi Ayyub as (QS 21/83), diberi ujian penyakit yang sangat berat tetapi tetap dalam keimanannya sehingga Allah SWT mengangkat derajatnya di dunia dan di akhirat. Hikmah dr ujian Nabi Yusuf as yg dijebloskan ke sumur dan ditelantarkan oleh saudaranya (QS 12/15), lalu dipenjara bertahun2 (QS12/35) karena menghindari rayuan wanita yg tidak baik yaitu istri dral-Aziz Mesir (QS 12/32).

5. COBAAN SIKSAAN DARI ORANG KAFIR

Hikmah Ashaabul Kahfi, para pemuda yg beriman yg menolak mengikuti masyarakatnya yg tdk beriman dan bermaksiat (QS 18/15), sehingga mereka melarikan diri dan hijrah keluar dr negaranya dan diselamatkan oleh ALLAH SWT ditidurkan selama 309 th (QS 18/25). Hikmah Ashaabul Ukhdud (QS 85/4-8), seorang pemuda beriman yang diberikan berbagai cobaan berat namun diselamatkan Allah SWT, sehingga kematiannya oleh raja disaksikan oleh seluruh penduduk di kota tersebut dan menyebabkan masuk Islamnya seluruh kota, sehingga raja membuat parit mengelilingi kota dan menyalakan api serta menyuruh seluruh penduduk yang tidak mau kafir untuk mencebur ke dalam parit tsb, sehingga ribuan orang mati syahid (hadits selengkapnya di KitabRiyadhus Shalihin jilid-II, oleh Imam Nawawi)

6. COBAAN DALAM BERDAKWAH
Nabi Nuh as berdakwah siang dan malam tdk henti2 (QS 71/5), selama 950th lamanya (QS 29/14), tp kaumnya malah menutup telinga dan muka mereka dg kain untuk penolakan melakukan penghinaan yg luar biasa. Nabi Musa as setelah membebaskan kaumnya orang2 Yahudi dr pengejaran Firaun, menunjukkan berbagai mujizat yg luar biasa di hadapan mereka, tongkat yg bisa menjadi ular dan tangan yg bercahaya (QS 7/107-108),angin taufan, belalang, kutu, katak, darah (QS 7/133), membelah lautan(QS 26/63). Tp mereka masih menyembah sapi karena kedegilan mereka (QS7/148).

7. COBAAN DALAM BERAGAMA (QS 5/77)

Yaitu menjadi berlebih-lebihan dan ekstrim (ifraath) atau sebaliknya menjadi berkurang-kurangan (tafriith) dalam menjalankan agama. Sabda Nabi SAW : Agama Islam ini akan dipikul dalam setiap generasi oleh orang-orang yang adil; yang senantiasa berusaha membersihkan agama ini dari penyimpangan orang-orang yang berlebihan, manipulasi orang-orang yang sesat, dan penafsiran orang-orang yang bodoh. (HRAhmad)

Orang yang berlebihan/ekstrim senantiasa berusaha menambah-nambahi dan memperberat agama yang sudah sempurna ini dengan berbagai penafsiran yg membuat agama ini kehilangan kelembutan dan rahmahnya sehingga menjadi agama yg keras, garang dan tanpa kompromi. Sementara orang-orang yang sesat selalu berusaha menafsirkan ayat ataupun hadits sesuai keinginan dan hawa nafsunya dengan tujuan jahat dan merusakIslam dari dalam. Dan orang-orang yang bodoh berusaha melaksanakan ibadah tanpa ilmu dan tanpa disertai dalil-dalil yang kuat sehinggaagama ini menjadi penuh dg bidah.

Bahwa syarat diterimanya ibadah mahdhah adalah bahwa ia harus ikhlas(QS 98/5) dan harus ittiba/ada contohnya dari Nabi SAW berdasarkan dalil yang shahih (QS 3/31). Sedangkan syarat diterimanya ibadahghairu mahdhah (muamalah) adalah harus ikhlas dan tidak bertentangandengan dalil yang shahih.

MARAJI
1. Al-Quran al-Karim, Tafsir wal Bayan Wa Asbaab an Nuzuul. DR.Muhammad Hasan al-Mahdhiy.
2. Riyadhus Shalihin. Imam Abi Zakariyya Yahya bin Syaraf an-Nawawi Asy-Syafi'i.
3. Hikmatul Ibtilaa. Asy Syahid Sayyid Quthb.
4. Suar min Hayati at-Tabi'in. DR Khalid Muhammad Khalid
5. Lain-lain.

p/s: Alhamdulillah, went to check my email and suddenly got this wonderful tazkirah. SABAR UMMI!!! InsyaAllah, there were so much hikmah from all the ujian that Ummi got at A&E! ;)

Friday, February 23, 2007

SABAR UMMI...

Assalamualaikum,
Feeling of writing the blog tonight after listening YA THOIBAH song from the You Tube... Baby Caliph might be happy to listen to this song??? Keep moving in Ummi's tummy...
Ummi having some sort of cold maybe, nonstop sneezing from yesterday, each times 2. It's getting hot in Kelantan now.. Change of weather, I may be getting sick because of that...

Tonight, my husband's at work, oncall at OT Zamrud, mainly for caesarian section. He's an Anaesthetist. So, no friend to tell my story... I went to work at 3pm today and finished off at 10 pm. It was quite busy this evening. But what really pissed me off were the impolite patients... Expecting us doctors working at a government hospital to give service same like at private hospital!!! Excuse me... This is a government hospital. Please wait for your turn! As if other patients not sick... :(

What made me started of angry today was a daughter to a patient keep on bugging me her father is having abdominal pain. Actually, another doctor had seen the patient but she kept on asking me... Even after 2 injection of painkillers, still pain not resolved. So, I told the doctor who examined him. Then, the patient was given another injection, an opioid. Just few minutes after that, the daughter came back to me and told that her father still having the pain... I told her that the next injection will be given in the ward since patient will be admitted to the ward... *&@#^!* :(

Another patient, not telling proper story. Expecting me to know what actually happened. By saying "Dia keje kat sini, dia suruh datang kalau sakit jumpa dengan dia." Who is "dia"? Is there only one person working at the hospital??? SUBHANALLAH! Can't you tell your story and your sickness properly??? :(

And then another patient... He was referred from the Tendong Clinic for having fever and abdominal pain. History of having renal stones before. He was chilling and rigors because of the fever. Temperature was 39.5degree Celcius!!! I told him that I will give him medication. Suddenly he shouted at me,
"Doktor dari Tendong cakap ada batu karang masa buat XRay, dia suruh datang Hospital untuk buang batu tu. Takkan bagi ubat je, pastu nak suruh saya balik."

"Xray tu pakcik ada bawak tak? Doktor tu tak kasi sekali pun" I answered back.

"Tak tau. Tapi takkan nak suruh saya balik, tak payah masuk wad?" He asked.

"Pakcik, saya cakap saya nak bagi ubat sebab pakcik demam sampai menggigil ni, ada ke saya cakap pakcik tak payah masuk wad?" I was sure that that during time my voice could be heard by all the patients around there and also by some of the relatives because there was a period of silence for a while... I wanted to say more but then I straight away called the surgical MO oncall and asked him to review the patient. The MO said that the renal stones can't be removed tonight also... Well, I told the surgical MO to tell that himself because patient request for admission... I'm sorry Pakcik... :(

Astaghfirullahal'azim... Maybe that's why Baby Caliph moved a lot today because Ummi's blood pressure high???

I will miss my working days at A & E soon....

Thursday, February 22, 2007

WHY I SELDOM WRITE BLOG?

Assalamualaikum,

It's been a while againsince I last updated my blog. Well, regarding my stomachache, Alhamdulillah. Sometimes, I do get the pain, but very seldomly... It's probably premature contractions because when I feel the pain, my tummy also became so hard... It lasted about 1 minute and then it resolved... Till today, I still get the pain... My husband said, "Sabarlah, nanti nak beranak sakit macam tu jugak. Sabar ye..." When he said that, then only I realised that what he said is actually true... But, during delivery the pain will be much more painful.... erkkk... May Allah make it an easy delivery for me...Ameen.

Back to the title... Why I seldom blog nowadays???
Well, when I think about it... I have a very good listener to tell all about my "blog" nowadays... hehe.. My husband lah! Even my Mak said the same thing when I told her, I don't really like to chat in the yahoo messenger. Maybe that's just why the reason why I don't blog like I used to before...

I used to wonder why most of my friends who used to be good friends with me regardless of our distance apart... Why is it that after they got married, they don't contact me anymore like they used to???? Now I can understand... It's the same reason that I'm having, I guess and think... "Dah ada suami, kecek sokmo dengan suami lorr... " hehe

Anyways, I'm so sorry my friends if I hurted your feelings by not contacting you guys so often as I used to... House phone bills used to be RM$Hundreds!!! isk isk! It's time for me to save the money since I'm no more single la.. Having a husband and going to have a baby to pop out soon... ;) I do pray that all of you are always happy and have a good life fiddunia walakhirah... Ameen.

That's all folks!

Saturday, February 17, 2007

BLANK

Takde idea nak tulis apa walaupun pada mulanya rasanya bersemangat sangat nak tulis blog... :(

Perut sakit... Mencucuk-cucuk...
Kenapa ye?

Tuesday, February 13, 2007

NEWS UPDATES

Assalamualaikum...

It had been long since I last updated my blog... Or, I was busy playing with the movement of my Baby Caliph?? hehe

Kota Bharu-Kuala Lumpur
Alhamdulillah, last week went back to KL. AIRASIA had special offer... So my husband and I went back together. Mak was having conference at Coronade Hotel on Wednesday. So, she asked us to go there and meet her there. We departed at 5pm from KB and reached LCCT KL at 6pm. Waited for the bags and then, we went to Solat Asar. We took SKYBUS to go to KL Sentral. In the plane, we saw another special offer... SKYVAN from KL Sentral to Coronade Hotel. Each trip RM9/each person. So, we took the van and went to the hotel. Alhamdulillah, we reached the hotel around 8:30pm. I was so hungry. Baby Caliph was also so hungry. So, we went to Sungei Wang Mall to find food... The Food Court was closed!!! So, we went outside the Mall and saw McD across the other road. So, we had the porridge and the McChicken Burger set. Alhamdulillah.....

Kuala Lumpur-Port Dickson
The next day, after we had breakfast and a short sleep, we went to PD to pay a visit to Atok... I drove all the way with my husband sitting next to me... We slept over a night at Atok's house. The next day, I cleaned up Atok's fridge because... there's a story behind it...hehe

Port Dickson-Cheras
On Friday, went back to Cheras. On Saturday, went to my twin's house. Met with Kak Long's new baby girl, Safwa... Brought my lil sis, Ajin along since she fans babies... She also went into the swimming pool at my twin's house... hehe. Her face was tanned!!! ;D I was holding Safwa and while talking to my twin, Safwa was already asleep... (hmm, what's actually the sign?? Is Baby Caliph a boy or a girl???) ;)

That evening, my family get together... Everybody was at Mak's house except for Ayah. He had to attend his office staff 2nd marriage at Seremban. The twins, Afdhol and Arsyad really made us laugh... They both can crawl and sit upright... ;) Afdhol's smile is a real catch!!! We brought the camera but we didn't take any pics... So, picture of me wearing maternity clothes not available also... ;)

On Sunday, we had nasi lemak Makcik Lia for breakfast! Yum yum! Then, went to my sedara's new house at Alam Damai. Later my other sedara came. And then, time to go back to KB....

Kuala Lumpur-Kota Bharu
Around 2pm on Sunday, we went to LCCT. Flight was supposed to be at 3:40pm. But there was a delay. Finally they called the passengers to go inside the plane at 4pm. However when we were already in the plane, the fuel from Petronas was delayed... SubhanAllah. Feel nauseated in the plane. My husband was already asleep when we took off at 4:35pm...

Alhamdulillah, reached KB safely...

Antenatal Clinic
Yesterday, went to my regular antenantal checkups.. I am already 22 weeks. We did scan and saw Baby Caliph still breech however my placenta is not low lying... Baby Caliph was waving the hands to ummi when we saw him in the scan monitor. hehe. Baby Caliph is 550grams already... But I gained 8 kilos since my pregnancy... Wonder where did all the kilos went??? emmm.... If nearing delivery my baby still breech, probably I have to do caesarian section... My husband and I are quite worried... But from now on, I always pray so that Baby Caliph will turn around someday... Ameen...

That's all for now.. Wassalam